Wednesday, February 19, 2014

Review Breast Pump MamaNyu

Sampai sekarang, MamaNyu sudah mencoba 4 merk BP alias pompa ASI. Barangkali ada Mama yang sedang bingung memilih BP, semoga review MamaNyu ini bisa memberi masukan, menambah review yang sudah ada di dunia maya ini.

1. Pumpee Exclusive Manual Breast Pump

Jujur, waktu beli ini MamaNyu belum browsing BP apa yang enak, sebaiknya tipe apa, dsb. Pertama kali datang ke toko perlengkapan bayi untuk belanja baju, popok, dan lain-lain, langsung memutuskan beli. Dari beberapa merek BP manual yang ada, dipilihlah Pumpee karena bahannya yang kuat, free BPA, dan desain yang cukup bagus. Harganya juga tidak terlalu mahal, waktu itu Rp 245.000,-. Setelah melahirkan, dicobalah BP itu. Tapi susah keluar, paling hanya mengotori BP saja. Ternyata sih karena belum pintar pumping menggunakan BP manual, serta belum tahu bahwa pada awal-awal pumping, ASI yang keluar memang sedikit. Sampai sekarang, BP ini hanya dipakai kurang dari 5 kali karena kemudian lebih sering memerah ASI pakai tangan.

2. Little Giant Mini Electrical Breast Pump

Karena sudah hampir masuk kerja dan stok ASI masih sangat sedikit, mulai tergoda untuk beli BP electric. Pilihan MamaNyu jatuh pada LG Mini Electrical BP. Selain harganya tidak terlalu mahal (Rp 305.000,-), BP ini semi-manual karena untuk release tekanan dilakukan dengan memencet tombol, tidak otomatis. Jadi kita bisa mengatur tekanan dan release-nya. Powernya bisa dari colokan listrik dan baterai AA. Selain itu, LG MinEl ini tidak berisik, aman deh untuk memompa di samping bayi yang tertidur. Tapi sayangnya, BP ini kurang cocok dengan bentuk dan ukuran PD MamaNyu, dan karena semi-manual, tangan tidak bisa bebas. BP ini akhirnya tidak banyak dipakai juga karena lebih sering pakai tangan dan kemudian sewa BP lain.

3. Medela Mini Electric
Meski sudah bisa memerah pakai tangan, terkadang MamaNyu merasa sungkan jika ijin memerah terlalu lama di kantor. Padahal memerah pakai tangan itu cukup memakan waktu. Sementara pakai LG MinEl tangan harus memegang BP untuk mengatur waktu release pump.
Jadi MamaNyu memutuskan untuk mencoba BP elektrik lain. Tapi daripada membeli tapi tidak cocok, maka MamaNyu menyewa di BayiAsi Jogja. AlhamduLillah, ada BP Medela Mini Electric yang bisa disewa.
Pertama nyoba langsung lancar dapat lumayan banyak (dibandingkan biasanya). Secara keseluruhan, Medela MinEl ini oke banget: desain kompak, mudah dibawa, bisa dioperasikan dengan colokan listrik maupun baterai AA (yes, bisa mompa di mobil), tidak sakit, kompatibel dengan botol slim-neck untuk menyimpan ASI, dan bisa memompa dengan cepat. Kelemahannya: berisik dan tidak ada fitur memancing LDR (let down reflexes).
MamaNyu biasa mengkombinasikan penggunaan Medela MinEl dengan perahan tangan. Jadi satu PD dipompa dengan BP, PD satunya diperah tangan. Setelah PD yang dipompa sudah tidak menetes ASInya, pompa dipasang di PD satunya, dan PD yang sebelumnya dipompa dikosongkan dengan cara diperah tangan. Cukup efektif dan hasilnya lumayan banyak.
Nah, karena jika sewa terus lumayan boros, MamaNyu mempertimbangkan untuk membeli baru. Harga Medela Mini Electric Rp 925.000,-. Sebelum memutuskan membeli BP elektrik lagi, MamaNyu baca-baca review dan ternyata malah goyah iman.. :p Akhirnya hati ini malah berlabuh pada BP yang ke-4 ini..

4. Spectra Cimilre M1
Yah, bisa dibilang semua yang MamaNyu cari dari sebuah BP ada di Spectra Cimilre M1 ini: portabel, power dari colokan dan bisa di-charge untuk pemakaian kurang lebih 3 jam (Yes, nggak perlu baterai AA!), ukuran kecil, tidak begitu berisik, ada fitur memancing LDR, dan bisa dimodifikasi untuk memompa 2 PD sekaligus (meski sekarang spareparts belum siap karena Spectra ini relatif baru di Indonesia). Sebenarnya kelebihan-kelebihan ini juga ada pada Medela Swing. Tapi setelah membandingkan harganya (Medela Swing Rp 1.900.000,-; Spectra Cimilre M1 Rp 1.500.000,-), no question lah ya kalau Spectra M1 jadi pemenangnya.. :D
Oiya, salah satu nilai plus yang bikin Spectra jadi pemenang juga karena di dalam paket disertakan kit konversi untuk BP manual. :D AlhamduLillah, so far so good! Sudah beberapa kali pakai BP ini bisa dapat hasil 2 kali lipat dibandingkan biasanya (tentu ada banyak faktor yang mempengaruhi).

Nah, demikian review BP MamaNyu. Semoga bermanfaat.

PS: MamaNyu berniat menjual Pumpee Exclusive Manual Breast Pump dan Little Giant Mini Electrical Breast Pump. Yang berminat silakan komen.. :D

14 comments:

  1. mamanyu, kalo boleh tau kira2 ukuran dan bentuk pd seerti apa yg cocok dengan BP little giant electric diatas? saya lagi bingung milih2 BP, tapi kayanya mayan tertarik sama LG, sudah coba yang manual tapi ga menghasilkan T_T
    thanks before mamanyu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya untuk PD yang sedang-kecil ya.. LG electric kuncinya harus sering2 tekan tombol release-nya supaya tidak sakit. kalau kelamaan, bisa lecet..

      Delete
  2. Spectranya kalo dibuat manual,tuasnya keras ngga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru nyoba sekali pakai manual. Tuasnya saya tinggal di kantor, in case pompanya habis baterai atau malah ketinggalan. Nggak keras kok.. Hanya saja saya memang nggak terbiasa pakai manual.

      Delete
  3. Mbak.. klo pke breastpump yg model no.1 sakit gak? Trus asinya yg kluar bnyk gak? Waktu pompa punting nya smp modot juga gak?

    ReplyDelete
  4. No. 1 relatif ga sakit.. tapi buat saya agak kekecilan.. ASI yang keluar itu akan nambah dengan semakin seringnya diperah kok. Karena pas saya pakai BP no. 1 itu baru pertama kali memerah, jadi ya dapatnya sedikit..

    ReplyDelete
  5. mba..BP merk Pumpee nya mau dijual brp?..boleh minta no kontak nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuhh.. maaf banget ya. Komennya kelewatan baca, baru merhatiin sekarang. Kalau masih berminat silakan email no. hpnya ke savrina (at) gmail (dot) com. Nanti saya sms.. kalau nyebut no. hp di sini males kalo kena spam..

      Delete
  6. saya mau jual pompa asi elektrik merk Pumpee garansi 1thn
    baru pakai 1x saja, itupun karena penasaran ingin mencoba
    eks. kado (hadiah) dari temen2 arisan

    alasan jual : karena asi saya sudah lancar, tidak perlu menggunakan pompa asi lagi
    bagi yang berminat silahkana dd pin BB saya : 2804F3C7
    saya kasih free ongkir kemana saja, hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hyukk.. yang mau silakan kontak mom Mirza.. ;)

      Delete
  7. spectra m1 kemarin belinya dimana mba? mohon infonya. tks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. akibat ga update jadi telat bales komen. Maaf yaa..
      M1 beli di Asibayi.com. tapi coba aja bandingin dulu harganya sama di http://spectrababy.co.id/ :)

      Delete
  8. Mom bp little giant ny masih ada? Kalo ad sy mau beli mom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mom dewi aulia romawi, baru saja suamiku beliin aku BP little giant minel. setelah baca review di atas, aku mo cari yg lain karena PD ku ukurannya besar (42). klo minat kirim no hp/WA ke phone.chandra@gmail.com
      makasih....

      Delete